Biarpun judulnya “kerja bareng teman”, tapi tetap saja harus ada aturan mainnya. Tanpa itu semua, bisa-bisa kerja tim jadi kacau dan pertemanan pun jadi taruhannya. Demi kelancaran kerja kelompok di kelas ataupun dalam kepanitian, ingat do's and dont's berikut ini.
Do's
* Buat pembagian tugas yang jelas.
* Biasakan pakai kata jamak, seperti kami, kita, atau nama kelompok jika membahas sesuatu yang menyangkut team work misalnya pas bilang, “Lihat deh mading bikinan kita.” Lebih oke ketimbang ngomong “Lihat mading bikinan gue!”
* Berikan kritik yang membangun pada anggota tim lain, bukan yang menjatuhkan.
* Akui kesalahan dan kekurangan dalam pekerjaan kita.
* Bikin suasana team work menjadi menyenangkan. Mumpung kerjanya sama teman-teman, boleh kok “meeting”-nya informal atau malah sekalian ngopi-ngopi di mal.
Don'ts
* Nggak berkomunikasi sama teman satu tim dalam mengerjakan tugas. Wah, bisa jadi tambah ribet kerjaan kita.
* Bossy. Jangan sok nge-bos kalau kita punya kewenangan lebih. Baik dengan main perintah ataupun dengan menggunakan nada suara tinggi.
* Jangan bawa masalah pribadi ke dalam tim.
* Memaksakan ide kita supaya dijalankan oleh seluruh tim. Kan, ada yang namanya musyawarah untuk mufakat.
* Jangan membahas pekerjaan kelompok tiap waktu = N.Y.E.B.E.L.I.N
Selasa, 02 Maret 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k:
Posting Komentar